1. Komunikasi
adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok,
organisasi, dan masyarakatmenciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung
dengan lingkungan dan orang lain".[1]. Pada umumnya, komunikasi dilakukan
secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.[butuh
rujukan] Apabila tidak adabahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya,
komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan,
menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala,
mengangkat bahu.[butuh rujukan] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan
bahasa nonverbal.
A. Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi,
instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau
impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis
terdapat enam unsur pokok, yaitu:
B. Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
C. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih
yakni komunikator dan komunikan.
D. Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang
bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
E. Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat
tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau
jutaan orang secara bersamaan.
F. Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang
dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
G. Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan
organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
H. komunikasi data adalah proses
pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device
(alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung
dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet
Pengertian lain
komunikas data yaitu transmisi data elektronik melalui beberapa media(kabel
coaksial,fiberoptik,mikrowave dsb). sistem
yang mungkin terjadinya transmisi data sering disebut sebagai jaringan
komunikasi data
2. Komunikasi
Data
Pengertian Komunikasi data berhubungan erat dengan pengiriman data menggunakan
sistem transmisi elektronik satu terminal komputer ke terminal komputer lain.
Data yang dimaksud disini adalah sinyal-sinyal elektromagnetik yang
dibangkitkan oleh sumber data yang dapat ditangkap dan dikirimkan ke
terminal-terminal penerima. Yang dimaksud terminal adalah peralatan untuk
terminal suatu data seperti disk drive, printer, monitor, papan ketik, scanner,
plotter dan lain sebagainya.
Mengapa diperlukan suatu teknik komunikasi data antar komputer satu dengan
komputer atau terminal yang lain. Salah satunya adalah sebagai berikut :
1. Adanya distributed processing , ini mutlak diperlukan jaringan sebagai
sarana pertukaran data.
2. Transaksi sering terjadi pada suatu lokasi yang berbeda dengan lokasi
pengolahan datanya atau lokasi di mana data tersebut akan digunakan, sehingga
data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim lagi ke lokasi yang
membutuhkan informasi dari data tersebut.
3. Biasanya lebih efisien atau lebih murah mengirim data lewat jalur
komunikasi, lebih-lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer,
dibandingkan dengan cara pengiriman biasa.
3. 4.
Suatu organisasi yang mempunyai beberapa lokasi pengolahan data, data dari
suatu lokasi pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan
data ke lokasi pengolahan lain yang kurang atau tidak sibuk.
Jaringan komputer mulai berkembang di awal tahun 1980 sebagai media komunikasi
komunikasi yang berkembang pesat. Sehingga sampai saat ini komputer menjadi
sarana komunikasi yang sangat efektif dan hampir seluruh bentuk informasi
melibatkan komputer dalam penggunaannya.
Dengan ditemukannya internet, berbagai informasi bisa diakses dari rumah dengan
biaya yang murah. Komunikasi data sebenarnya merupakan gabungan dua teknik yang
sama sekali jauh berbeda yaitu pengolahan data dan telekomunikasi. Dapat
diartikan bahwa komunikasi data memberikan layanan kom
Model Komunikasi Data
Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, harus ada
minimal 3 unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi dan penerima.
Andaikan salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan.
Secara garis besar proses komunikasi data di jelaskan berikut ini :
-Sumber Data
Pengertian sumber data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi,
misalkan terminal komputer, Sumber data ini membangkitkan berita atau informasi
dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber pada umumnya dilengkapi dengan
transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirimkan
menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, antara lain
pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh dari transmisi
adalah modem yaitu perangkat yang bertugas untuk membangkitkan digital
bitstream dari PC sebagai sumber data mejadi analog yang dapat dikirimkan
melalui jaringan telepon biasa menuju ke tujuan.
-Media Transmisi
Media transmisi data merupakan jalur dimana proses pengiriman data daari satu
sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan
jalur transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel,
gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini berfungsi sebagai jalur
informasi untuk sampai pada tujuannya.
Ada beberapa hal yang berhubungan dengan transmisi data yaitu kapasitas dan
tipe channel transmisi, kode transmisi, mode transmisi, protokol yang digunakan
dan penggunaan kesalahan transmisi.
Beberapa media transmisi yang digunaka antara lain: twisted pair, kabel
coaxial, serat optik dan gelombang elektromagnetik.
-Penerima Data
Pengertian penerima data adalah alat yang menerima data atau informasi,
misalkan pesawat telepon, terninal komputer, dan lain-lain. Berfungsi mnerima
data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Perima merupakan suata alat
yang disebut receiver yang fungsinya untuk menerima sinyal dari sistem
transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap
dan digunakan oleh penerima. Sebagai contoh modem yang berfungsi sebagai
receiver yang menerima sinyal analog yang dikirim melalui kabel telepon dan mengubahnya
menjadi suatu bit stream agar dapat ditangkap oleh komputer penerima.
Kegunaan dasar dari sistem komunikasi ini adalah menjalankan pertukaran data
antara 2 pihak. Pada gambar diberikan contoh, yaitu komunikasi antara sebuah
workstation dan sebuah server yang dihubungkan sengan sebuah jaringan telepon.
Contoh lainnya bisa berupa pertukaran sinyal-sinyal suara antara 2 telepon pada
satu jaringan yang sama.
Berikut ini penjelasan dari contoh komunikasi data tersebut :
* Source (Sumber). Peralatan ini membangkitkan data sehingga dapat
ditransmisikan. Misalkan telepon dan PC (Personal Computer)
* Transmiter (Pengirim). Biasanya data yang dibangkitkan dari sistem sumber
tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya.
-Sistem Transmisi. Berupa jalur transmisi tunggal atau jaringan kompleks yang
menghubungkan antara sumber dengan tujuan.
* Receiver (Penerima). Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan
menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. Sebagai
contoh, sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari
jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream.
* Destination (Tujuan). Menangkap data yang dihasilkan okeh receiver.
Peranan Komunikasi Data Dalam Menyelesaikan Masalah
* Dengan jaringan komunikasi data yang baik, suatu perusahaan dapat mengejar
strategi pengambilan keputusan sentralisasi atau desentraliasi.
* Pada sentralisasi pengambilan keputusan, semua keputusan penting dibuat oleh
manajemen puncak di kantor pusat.
* Pada desentralisasi pengambilan keputusan, manajemen puncak mendelegasikan
wewenang untuk membuat keputusan kepada manajer tingkat yang lebih bawah.
3.
Komunikasi verbal ( verbal
communication ) adalah
bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara
tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar.
Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan
secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar
maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.
contoh :
komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media,
contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi
verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara
komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan
menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.
2. Komunikasi non verbal ( non verbal
communicarion) menempati
porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena
komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu
bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan
mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa
senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya
dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk
lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan
saat menerima pesan.
Bentuk komunikasi non verbal
sendiri di antaranya adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi,
symbol-simbol, pakaian sergam, warna dan intonasi suara.
contoh :
a.Sentuhan
Sentuhan dapat termasuk: bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, sentuhan di
punggung, mengelus-elus, pukulan, dan lain-lain.
b.Gerakantubuh
Dalam komunikasi nonverbal, kinesik atau gerakan tubuh meliputi kontak mata,
ekspresi wajah, isyarat, dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan
untuk menggantikan suatu kata atau frase, misalnya mengangguk untuk mengatakan
ya; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan,
c.Vokalik
Vokalik atau paralanguage adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara
berbicara. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara,
kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain.
d.Kronemik
Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi
nonverbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal meliputi durasi yang
dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut
dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu (punctuality).
CONTOH SLOGAN SUATU PRODUK :
ULTRA MILK
Banyak dikalangan modern seperti
saat ini, berbagai jenis merk susu telah berkembang. akan tetapi eksistensi
ultra milk tetap menjadi nomor 1 dari para pelanggan. sebab memang sudah
membawa nama sejak dulu ultra milk senantiasa menemani setiap saat seperti sarapan
dan untuk beraktifitas.
Slogan : “Apapun
sarapannya, soal susu.. ultra juaranya”
Alasan menggunakan slogan demikian
adalah dilihat dari segi pengguna para konsumen sebagian tentunya setiap
sarapan selalu ditemani dengan segelas susu. sehingga, peluangnya selalu berada
ketika seseorang saat sarapan atau memulai aktifitas dipagi hari dengan meminum
susu. dengan demikian, susu ultra mengeluarkan slogan demikian agar masyarakat
selalu ingat untuk masalah susu, ya pasti ultra juaranya.
dengan jenis beragam rasa yang
tidak dimiliki oleh semua jenis susu lainnya, ultra milk tetap menjadi nomor
satu diantara para pelanggan indonesia.
Bila ada sesuatu yang kurang ngerti koment yaa gan!!!!
No comments:
Post a Comment