Social Icons

Monday 16 December 2013

Fungsi Purchasing dan Procurement Management



Nama andi sulaeman
Nim :   A3.1100004
Sisfo

Download

1.Peran dan Fungsi Purchasing dan Procurement Management
o    Paradigma baru
o    Interaksi antar lini
2. Ekspektasi manejemen dan perusahaan
o    World Class Purchasing dan Material Management
o    Implikasi Strategi Purchasing dan Purchasing Strategi
o    Purchasing Cycle : Down Stream dan Up Stream
o    Tantangan dan hambatan yang dihadapi
3. Strategi, Perencanaan dan Kebijakan Purchasing
o    Generic purchasing strategies
o    Specific requirements identification
o    Supply Planning
o    Contract Strategy
o    Supplier Selection, Evaluation dan Improvement Performance
o    Strategi Negosiasi
o    Vulnerability Management
4. Purchasing Performance Measurement
5. Negotiation Technique and Strategy
o    Distributive vs Integrative
o    Frame work of negotiation
o    Tactical of Negotiation
o    Psychological Approach
o    Psy-War
6. Aplikasi Supply Chain dan Just In Time dalam purchasing dan procurement management


Artikel ini akan membantu dalam berbagai situasi dan skenario :

Jika Anda bertanggung jawab untuk proyek pengadaan dan Anda memiliki akses terbatas pada saran ahli pengadaan
Proyek pengadaan Kamu tidak berada dalam ruang lingkup bisnis organisasi inti Anda
Proyek Anda sangat khusus di mana pengetahuan teknis yang rinci dan beberapa keahlian pengadaan lebih diinginkan daripada keterampilan pengadaan ahli dengan terbatas pengetahuan teknis .
Mengapa Gunakan Proses Pengadaan Formal ?
Sebuah proses pengadaan formal kadang-kadang dilihat sebagai rumit atau birokrasi tetapi untuk setiap latihan pengadaan adalah penting untuk mengikuti beberapa langkah kunci . Jika Anda bukan seorang ahli pengadaan , Anda akan membuat kesalahan . Tidak diragukan lagi Anda akan belajar dari mereka , tetapi mengapa belajar dari kesalahan Anda ketika Anda dapat belajar dari orang lain .

Template proses pengadaan menyediakan model dan kerangka kerja untuk bekerja dalam ke:
Menghemat waktu , memastikan bahwa Anda mendapatkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda ;
Pastikan Anda membayar harga yang tepat ( itulah harga yang tepat , belum tentu harga terendah ! ) ;
Pastikan Anda menghindari menghadap langkah-langkah penting yang mungkin datang kembali untuk menghantui Anda nanti .
Dengan menggunakan proses pengadaan standar , Anda akan menemukan bahwa pemasok akan akrab dengan langkah-langkah yang Anda ambil. Mereka akan tahu apa yang diharapkan dan akan tahu bahwa mereka berhadapan dengan organisasi profesi .
Sebuah beberapa kata peringatan .

Setiap proyek berbeda . Beberapa proyek pengadaan kecil dan setiap langkah dari proses formal mungkin tidak diperlukan . Atau , beberapa proyek yang sangat kompleks atau diatur dan kerangka kerja umum tidak akan sesuai atau memadai . Meskipun demikian , setiap proyek pengadaan mengikuti proses yang luas yang sama . Hal penting untuk diingat adalah untuk beradaptasi proses sesuai proyek .

Proses Pengadaan

Proses Pengadaan
Apa pengadaan ?









Proses pengadaan dapat dibagi menjadi lima langkah .
Tentukan kebutuhan bisnis

Anda perlu memahami apa kebutuhan bisnis fundamental . Pada titik ini , penting untuk memahami perbedaan antara kebutuhan dan solusi. Sebagai contoh, kebutuhan bisnis adalah untuk sumber beberapa perangkat lunak untuk membantu mendapatkan informasi yang dipublikasikan di intrantet perusahaan . Item perangkat lunak untuk mempublikasikan informasi pada intranet perusahaan adalah solusi - bukan keharusan . Persyaratannya adalah untuk dapat mempublikasikan informasi pada intranet. Ini mungkin bahwa solusi outsourcing adalah pilihan yang lebih baik .

Mengembangkan Strategi Pengadaan

Tergantung pada skala proyek Anda , mungkin ada rentang yang sangat luas solusi potensial dan pendekatan untuk kebutuhan bisnis Anda dan beberapa cara meneliti pasar dan memilih pemasok .

Pemasok Seleksi dan Evaluasi

Setelah meneliti pasar dan membangun pendekatan pengadaan Anda , Anda perlu mengevaluasi solusi yang tersedia . Ini mungkin melibatkan proses tender formal atau lelang on-line . Anda kriteria untuk membandingkan solusi yang berbeda dan pemasok sangat penting . Berat kriteria kunci berat dan tidak melampirkan terlalu banyak pentingnya aspek yang akan berdampak kecil pada solusi .

Negosiasi dan penghargaan .

Bahkan ketika Anda telah memilih pemasok penting bahwa negosiasi rinci dilakukan . Ini bukan hanya soal harga . Pikirkan dalam hal Biaya Total Kepemilikan . Sebuah produk murah tidak begitu murah jika biaya kereta besar atau jika kontrak pemeliharaan berat.

Pertimbangkan dengan hati-hati proses dimana barang atau jasa akan dipesan dan disetujui , bagaimana mereka akan dikirimkan dan dikembalikan jika perlu , bagaimana proses faktur akan bekerja dan apa syarat pembayaran akan dilakukan . Mengingat seluruh Bayar Pembelian proses ( P2P ) di awal dapat mengurangi biaya dan risiko secara signifikan

Induksi dan Integrasi


Tidak ada barang atau jasa harus memerintahkan disampaikan sampai kontrak ditandatangani , tapi ini bukan akhir. Sangat penting bahwa pemasok benar diluncurkan terintegrasi . Proses P2P harus di tempat dan perlu dipahami pada kedua buy - side dan sisi pemasok . Setiap tingkat layanan yang telah perlu diukur dan KPI disepakati diberlakukan . Tinjauan rutin harus dibentuk .

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

lan

iklan

Belum ada iklan gan

Sample Text