Social Icons

Thursday, 26 December 2013

JURNAL STMIK SUMEDANG INFORMASI KEHADIRAN DOSEN BERBASIS WEB

INFORMASI KEHADIRAN DOSEN BERBASIS WEB
Disusun Oleh :

ANDI SULAEMAN
A3.1100004















Program Studi Sistem Informasi
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sumedang
Sumedang 2013


INFORMASI KEHADIRAN DOSEN BERBASIS WEB
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
SUMEDANG
ANDI SULAEMAN  A3.1100004


 DOWNLOAD


Abstrak
            Dalam kehidupan sehari hari mungkin kita dapat menjumpai aplikasi multimedia dan E-Learning yang membawa informasi secara langsung baik itu dalam bentuk digital maupun audio visual, kita dapat menjumpai aplikasi-aplikasi tersebut secara tidak kita sadari betapa manfaatnya aplikasi tersebut karena menyampaikan informasi penting sebagai penunjuk arah keputusan yang kita ambil, ada beberapa contoh aplikasi yang sangat penting manfaatnya di antaranya aplikasi jadwal penerbangan pesawat di bandara, dengan demikian kita bisa tahu kapan lending pesawat yang kita tuju, aplikasi rute kereta api bagaimana coordinator dapat mengkontrol kereta api agar dapat berjalan sesuai rell karena kerta api punya dua kemudi coordinator sebagai control rute dan sedangkan masinis sebagai rem dan melaporkan informasi ke kantor pusat lewat gelombang radio, di bioskop juga kita menjumpai aplikasi dalam bentuk visual contoh film yang akan di putar hari ini atau minggu depan dengan demikian para pengunjung bioskop tidak salah memilih film yang di suka.
Metodologi lakukan dengan perencanaan dan merumuskan masalah yang terjadi di kampus STMIK SUMEDANG dengan permasalahan yang terjadi pada 7 mahasiswa STMIK SUMEDANG di ambil sample secara acak.
Output dari desain yang di hasilkan ialah dapat menyajikan informasi dosen STMIK SUMEDANG, dengan demikian para siswa dapat mengetahui keberadaan dosen di kampus tanpa harus bertanya-tanya.

Kata Kunci: Multimedia, STMIK Sumedang, E-Learning , coordinator , aplikasi.



PENDAHULUAN

 Latar Belakang
Informasi sangatlah penting sebagai pendukung keputusan, baik informasi itu dalam bentuk surat kabar maupun media elektronik, di era modern seperti sekarang telah banyak memunculkan teknologi-teknologi baru dalam  dunia computer khususnya sebagai alat bantu manusia dalam bekerja maupun komunikasi dengan demikaian penulis mencoba menganalisis kebutuhan-kebutuhan informasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus, penulis mencoba menganalisis masalah yang terjadi di area kampus STMIK SUMEDANG dalam hal informasi, kehadiran dosen,  lokasi ruangan dosen mengajar, nomor telephone yang dapat di hubungi sebagai informasi pada mahasiswa yang ingin mengetahui keberadaan dosen yang bersangkutan  saat berada di kampus. Penulis memaparkan permasalahan-permasalahan yang yang terjadi di area kampus  sebagai berikut:
1)      Sulitnya mengetahui keberadaan dosen yang besangkutan saat di kampus.
2)      Sulitnya mengetahui ruangan dosen mengajar pada hari ini.
3)      Informasi yang di dapat mahasiswa terkadang simpang siur dari mahasiswa yang lain.
4)      Sulitnya mengetahui daftar dosen yang hadir pada hari itu.
Maka dari itu penulis mempunyai ide membuat desain informasi kehadiran dosen agar mahasiswa dapat mengetahui informasi tentang dosen dengan cepat.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah rangkum sebagai  berikut :
a.    Dilakukan melulai dengan perencanaan dimana terbentuknya judul yang akan di pakai melalui permasalahan yang berkaitan tentang informasi yang ada di kampus.
b.   Merumuskan masalah dimana proses pengumpulan data terjadi di antaranya: permasalahan informasi yang terjadi, mencari referensi dari buku dan internet sebagai bahan acuan.
c.    Analisis kebutuhan proses ini dilakukan dengan cara memilah dan memilih data apa saja yang di perlukan.
d.   Perancangan atau desain dilakukan dengan Microsoft Visio Standard 2010 sebagai tool dalam desain.
e.    Tahap evaluasi dilakukan dimana proses terjadi kesalahan dalam baik kalimat penulisan, ejaan maupun maupun metodologi yang di pakai.


Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan ialah menambah sekilas ilmu pengetahuan tentang aplikasi berbasis web dengan praktis dan mudah tanpa perlunya melakukan  pengcodingan yaitu dengan hosting gratis yang di sediakan di www.blogspot.com, www.webly.com, www.wix.com dan banyak situs lainya yang menyediakan kemudahan berinternet dengan berbagai tamplate gratis tetapi alangkah baiknya kita dapat membuat apliksi berbasis web sendiri dengan bantuan tool pendukung yang harus di lakukan dalam pembuatan aplikasi tersebut ialah minimal mengetahui beberapa bahasa pemrograman dasar di antaranya: HTML, PHP,JAVA di bantu dengan software pembantu yaitu dreamwaver, adobephotoshop yang mungkin tidak asing lagi dalam dunia photography dan adobeflas sebagai pembaca javascrif dalam aplikasi.
Adapun manfaat dari aplikasi yang di rancang ialah:
1.      Mengetahui keberadaan dosen di area kampus.
2.      Mengetahui kondisi jadwal dosen yang bersangkutan.
3.      Mengetahui informasi dosen yang dapat di hubungi.
4.      Mengetahui kehadiran dosen di area kampus.

KAJIAN PUSTAKA

Multimedia sebagai perpaduan antara teks-teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik(Wahono, 2007)  Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi(Zeembry, 2008)
Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan   menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan  untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.ada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing. Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi. Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. JavaScript  adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript. Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.
SOFTWARE TOOL PENDUKUNG
XAMPP (play /ˈzæmp/ atau /ˈɛks.æmp/) adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya. Sebelum membahas lebih jauh mengenai XAMPP. berikut saya jabarkan apa saja Komponen-komponen yang terdapat di dalam program XAMPP. Apache,MySQL,PHP,Mercury,phpMyAdmin,FlieZilla FTP Server,Tomcat (dengan mod_proxy_ajp sebagai konektor) Dan lainnya (tergantung dari bersi software) Dan gambar berikut adalah tampilan awal ketika program dijalankan (XAMPP Control Panel Aplication).


XAMPP Control Panel

SOFTWARE TOOL DALAM PEMBUATAN
Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode.


PEMBAHASAN

  1. METODOLOGI
Metodologi pendekatan di lakukan dengan perencanaan dan merumuskan masalah yang terjadi di kampus STMIK SUMEDANG dengan permasalahan yang terjadi pada 7 mahasiswa STMIK SUMEDANG di ambil sample secara acak.


GAMBAR 1 flowchar rancangan









2.      Antar muka pengguna

GAMBAR 2 Prosedur pengguna


GAMBAR 3 sistem pada database
Keterangan: Standar prosedur pertama dosen  menginput data terlebih dahulu dalam database kemudian data akan di tampilkan pada layar monitor dan no_reg* sebagai primary key pengenal dosen agar tidak ada penduplikasian data.


3.      STRUKTUR MENU
KETERANGAN :
1.      NO_REG*  form ini harus di isi bebas tetapi berformatkan angka bertujuan agar tidak ada penduplikasian data, misalkan : 1,2,3 dan seterusnya.
2.      NAMA form, form NAMA di isi sesuai nama penguna.
3.      KETERANGAN form ini tidak di isi karena dengan mengisi form sebelumya menunjukan kehadiran.
4.      LOKASI form ini di isi sesuai dengan tempat atau ruangan aktifitas pengguna.
5.      KONDISI :
Ada dua checkbox  yang harus di pilih Menunjukan kesedian dosen untuk dapat di hubungi atau keadaan tidak dapat di hubungi
Jadi ada dua kondisi pilihan:
a.       Free kondisi ini menunjukan bahwa dosen dapat di hubungi.
b.      Full kondisi ini menunjukan bahwa dosen tidak dapat di hubungi.
6.      Info kontak   form yang harus di isi dengan informasi yang dapat di hubungi nomor telephone atau email dan lainnya.
7.      Kirim button ini jika form pada formulir sudah terisi dengan benar maka button kirim dapat di klik,  jika salah satu tidak di isi maka button tersebut tidak dapat di klik.



4.      TAMPILAN INPUT PENGGUNA


GAMBAR 4 Tampilan input





5.      INFORMASI YANG DI TAMPILKAN


GAMBAR 4 Tampilan pada monitor

a.       Keterangan kondisi 1 yang di tampilkan.

GAMBAR 5 kondisi pertama yang di tampilkan

Keterangan:  secara otomatis menampilkan nama, keterangan : Tidak hadir  secara otomatis kondisi dan lokasi tidak dapat tampil pada monitor hanya menampilkan nama dan info kontak karena data sudah tersimpan sebelumnya pada database .





b.      Keterangan kondisi  2  yang di tampilkan.

GAMBAR 6  kondisi kedua yang di tampilkan.

Keterangan : kondisi full menunjukan lokasi di R.13 yang berarti dosen berada dalam kelas, full juga menunjukan dosen tidak dapat di ganggu walau keterangan dalam kantor sekalipun kondisi full juga menjukan dalam keadaan rapat misalkan atau menjalankan aktifitas lain.

c.       Keterangan kondisi 3  yang di tampilkan.

GAMBAR 7  kondisi kedua yang di tampilkan.

Keterangan: kondisi free menunjukan dosen dapat di temui dalam keadaan istirahat , kondisi ini juga menunjukan dosen dapat di temui untuk berkonsultasi.





Kesimpulan
Dalam pembuatan aplikasis memang sangat sulit apalagi tidak mempunyai pengetahuan dasar bahasa pemrograman yang baik oleh sebab itu kita harus memahami salah satu dasar pemrograman diantaranya php dan mysql sebagai database, dalam desain aplikasi atau pembuatan game  harus mempunyai hardware yang mempuni dan software sebagai tool dalam pembuatatan aplikasi atau software sehingga aplikasi dapat di jalankan dengan baik.

Saran
Ada baik dalam pembuatan aplikasi yang berbasis web maupun multimedia harus di dukung dengan hardware yang baik spesifikasinya agar dalam pengerjaanya  tidak mempunyai kendala yang berarti, di harapkan kita dapat menguasai salah satu dasar bahasa pemrograman karena dengan demikian sangat mendukung untuk dapat terwujudnya sebuah program atau desain rancangan yang kita buat.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.jmarshall.com/easy/http/ 1997, james Maarshall Di  akses 26 Desember 2013
Perusahaan dan Organisasi Modern, C.V Andi Offset, Yogyakarta, 2007
HM, Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi bisnis, ANDI Offset, Yogyakarta, 1993
http://anharku.freevar.com Komunitas eLearning IlmuKomputer.Org
 ekobs@developerforce.net Draft 0.1.2 Di  akses 26 Desember 2013
Ali Salim  alisalim@inbox.lv 2003 IlmuKomputer.Com  Di  akses 26 Desember 2013


No comments:

Post a Comment

 

Sample text

lan

iklan

Belum ada iklan gan

Sample Text